Website SMAN 1 Ende

Halaman

Kontak

  • Telp
    (0381)21214
  • Email
    info@sman1ende.sch.id

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP address anda : 3.233.242.204

Sambutan Kepala SMAN 1 Ende Pada Acara Pembukaan MPLS secara Daring TP 2021 / 2022 dan Materi MPLS

MPLS Kelas X Baru TP 2020 / 2021 - 10 Juli 2021

1. Video Sambutan Kepala SMAN 1 Ende Pada Acara Pembukaan MPLS secara Daring TP 2021 / 2022 ; 

https://youtu.be/iF3HPD2Iaok

2. Materi MPLS :  Kurikulum.

MATERI KURIKULUM

 

Peserta didik yang saya kasihi,pada pertemuan pertama ini saya mengajak kita semua untuk  hening sejenak mengucap syukur dan memuji kemuliaan Tuhan Sang Pemilik Kehidupan yang  berkenan memberi kesempatan kepada kita untuk menikmati karya ciptaan-Nya hingga saat ini sekaligus saling mengucapkan selamat datang di Gua Garba Ilmiah SMA Negeri 1 Ende,tempat kaum muda dibina dan dididik sehingga tumbuh sebagai kuntum indah kebanggaan keluarga dan penerima estafet kepemimpinan Ende,NTT, dan Indonesia.

 

Seperti tahun lalu  dimana PLS dilakukan secara Daring ,tahun inipun  PLS dilaksanakan dengan cara Daring.

 

Tanpa mengurangi semangat peserta didik dalam mengikuti PLS yang bertemakan”TEGAR DENGAN KEPRIHATINAN MENJADI TELADAN MERAJUT MASA DEPAN”izinkanlah kami tim kurikulum SMA Negeri 1 Ende yang terdiri atas:

  1. Ibu Yayuk Herawati,S.Pd selaku Wakil kepala Sekolah Urusan Kurikulum
  2. Bpk.Ahmad Abubakar,S.Pd selaku koordinator Musyawarah Guru Mata Pelajaran
  3. Bpk.Patrisius Babo,S.Pd, selaku Koordinator Urusan Evaluasi
  4. Bpk.Fransiskus Bambut,S.Pd
  5. Ibu Nurhaida,S,Pd dan Ibu Edeltrudis Meryquin Jea Utama,S.Pd selaku staf urusan Evaluasi untuk menyampaikan salah satu materi penting yaitu tentang Kurikulum.

 

  1. KURIKULUM SMA NEGERI 1 ENDE SELAYANG PANDANG

 

SMA Negeri 1 Ende merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013.

Dengan mengacu pada Permendikbud nomer 36 dan 37 tahun 2018,maka hal-hal yang harus diketahui peserta didik adalah:

 

  1. Tabel 1: Struktur Kurikulum SMA/MA 

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU PER MINGGU

X

XI

XII

KELOMPOK A (UMUM)

1.

Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti

3

3

3

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia 

4

4

4

4.

Matematika 

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

2

2

2

6.

Bahasa Inggris 

2

2

2

KELOMPOK B (UMUM)

 

Seni Budaya

2

2

2

 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 

3

3

3

 

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

Jumlah jam pelajaran kelompok A dan B per minggu

24

24

24

KELOMPOK C (PEMINATAN)

Mata pelajaran peminatan akademik

9 atau 12

12 atau 16

12 atau 16

Mata pelajaran pilihan lintas minat dan/atau pendalaman minat

9 atau 6

8 atau 4

8 atau 4

Jumlah jam pelajaran kelompok A, B, dan C per minggu

42

44

44



B.Tabel 2: Mata Pelajaran Peminatan Akademik

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

  1. I. Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1

Matematika

3

4

4

2

Biologi

3

4

4

3

Fisika

3

4

4

4

Kimia

3

4

4

  1. Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial

1

Geografi

3

4

4

2

Sejarah

3

4

4

3

Sosiologi 

3

4

4

4

Ekonomi

3

4

4

III. Peminatan Bahasa dan Budaya

1

Bahasa dan Sastra Indonesia

3

4

4

2

Bahasa dan Sastra Inggris

3

4

4

3

Bahasa dan Sastra Asing Lain (Jerman)

3

4

4

4

Antropologi

3

4

4

Mata pelajaran Pilihan

Pilihan lintas minat dan/atau pendalaman minat

6 atau 9

4 atau 8

  1. atau 8

Catatan: Pemilihan Mata Pelajaran Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat

Kurikulum SMA 1 Ende  dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik belajar berdasarkan minat mereka.Namun oleh adanya beberapa pertimbangan maka sekolah menyelenggarakan mata pelajaran lintas minat sebagai berikut:

  1. Mata pelajaran lintas minat  dan mata pelajaran pilihan:

No.

Peminatan

Mapel Lintas Minat

1.

Bahasa dan Budaya

B.Jepang dan B.Prancis

2.

MIPA

Bahasa dan Sastra Jerman

Geografi

3.

IPS

Bahasa dan Sastra Inggris

Biologi

Fisika

Kimia

Bahasa dan Sastra Jerman

Bahasa dan Sastra Perancis

 

Mata pelajaran pilihan:

Mulai tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Ende menyelenggarakan mata pelajaran pilihan yaitu Informatika. Mata pelajaran ini disajikan di luar jam peljaran pagi hari sebanyak 3 jam pelajaran.

Bagi peserta didik yang di kelas X memilih informatika,wajib melanjutkannya di kelas XI  dan XII sebanyak 4 jam pelajaran.






  1. Beban Belajar

Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

  1. Beban belajar di SMA dinyatakan dalam jam pelajaran per minggu. 
  1. Beban belajar satu minggu Kelas X adalah minimal 42 jam pelajaran.Satu jam pelajaran memerlukan waktu 45 menit.
  2. Karena kelas XI dan XII beban belajar minimal 44 jam pelajaran,maka kelas X mendapatkan tambahan 2 jam pelajaran BP/BK.



E. Kompetensi Inti semua mata pelajaran menurut Permendikbud No.37 tahun 2018 sama seperti pada table berikut:

KOMPETENSI INTI

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  1. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.



  1. KOMPETENSI LULUSAN SMA

 

Diatur dalam Permendikbud No.20 Tahun 2016

 

Lulusan SMA memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut.

SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket C

Dimensi

Kualifikasi Kemampuan

Sikap

Memiliki  perilaku  yang  mencerminkan  sikap orang beriman,  berakhlak  mulia,  berilmu,  percaya  diri,  dan bertanggung  jawab  dalam  berinteraksi  secara  efektif dengan lingkungan sosial

dan alam serta dalam menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa  dalam pergaulan dunia.

Pengetahuan

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan  metakognitif  dalam  ilmu  pengetahuan,  teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

Keterampilan

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan  dari  yang  dipelajari  di  sekolah  secara mandiri.

 

Untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan tersebut,SMA Negeri 1 menyelenggarakan kegiatan exrtrakurikuler.

Bentuk Kegiatan Ekstrakurikuler berupa: 

  1. Krida, yaitu  Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).
  2. Karya ilmiah, yaitu Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan  dan kemampuan akademik serta penelitian.
  3. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, yaitu: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, teater, teknologi informasi dan komunikasi, serta rekayasa.
  4. Keagamaan, yaitu muhasabah, retreat,ceramah keagamaan dan rekoleksi.
  1. Kriteria kenaikan kelas. Kenaikan Kelas DAN Pemilihan Peminatan

 Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut :

  1. Peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran di kelas yang bersangkutan yakni sebanyak 2(dua) semester.
  2. Diskripsi penilaian sikap minimal baik.
  3. Diskripsi penilaian kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan ekstrakurikuler lainnya minimal baik*.
  4. Tidak memiliki lebih dari 2(dua) mata pelajaran yang masing-masing nilai pengetahuan dan atau ketrampilan di bawah KKM. 
  5. Penentuan ketidaktuntasan didasarkan pada rerata nilai semester ganjil dan semester genap pada mata pealjaran yang bersesuaian dan tahun pelajaran berjalan.

Penentuan Peminatan

  1. Waktu penentuan
  1. Penentuan peminatan  Ilmu Bahasa dan Budaya , Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan  Sosial dilakukan pada  awal semester 1 kelas X.
  2. Pelaksanaan peminatan  di semester 1 kelas X sampai dengan kelas XII 

      semester 2.

 

  1. Kriteria penentuan peminatan meliputi : 
  1. Dasar penentuan peminatan
    • Permohonan tertulis  peserta didik baru di kelas X.
    • Hasil Psikotest yang diselenggarakan oleh tim khusus.
    • Nilai  Ujian Sekolah  SMP
    • Prestasi lain baik akademik dan atau non akademik yang dibuktikan dengan piagam dan atau sertifikat.
  2. Perpindahan Peminatan

Perpindahan peminatan dilakukan apabila:

  1. Peserta didik berada di kelas X
  2. Peserta didik    mengajukan permohonan pindah  peminatan secara 

    tertulis yang ditandatangani oleh peserta didik mengetahui orang tua 

    atau wali peserta didik. 

  1. Permohonan diajukan sebelum kegiatan tengah  semester 1(satu) 

    Tahun Pelajaran 2021-2022,paling lambat 1 September 2021.

  1. Sekolah mengabulkan permohonan pindah peminatan apabila alasan 

 dan waktu pengajuan pindah peminatan sesuai dengan aturan yang    telah ditetapkan termasuk kuota masih memungkinkan.

  1. Peserta didik yang pindah peminatan wajib mengikuti dan tuntas 

    matrikulasi semua mata pelajaran yang belum pernah dipelajari.

  1. Pindah peminatan tidak dapat dilakukan jika data peserta didik telah 

     disinkronisasi oleh operator sekolah.

 

  • Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Ende

 



 

  • Pembelajaran Jarak Jauh

 

 

Pada dasarnya Pembelajaran atau Pendidikan Jarak Jauh bukanlah hal yang baru di dunia pendidikan di Indonesia. Pendidikan Jarak Jauh  telah lama digunakan pada pendidikan tinggi semisal Universitas Terbuka.Di masa pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh tidak hanya  dilaksanakan untuk pendidikan tinggi,tetapi juga pada  pendidikan dasar dan menengah. Meluasnya jaringan internet memungkinkan pelaksanaan Pembelajatan Jarak Jauh  menjadi lebih mudah.

Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 sesuai dengan petunjuk Teknis Pelaksanaan KBM dan Penetapan Zona oleh Satgas Covid-19,yang menyatakan bahwa Kabupaten Ende berada pada zona merah,maka KBM SMA Negeri 1 Ende menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh.

 

 

  • Pembelajaran Daring

 

 

Sebagai upaya untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19,pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah membelajarkan peserta didik di rumah. 

Terhitung mulai 18 Maret 2020,Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur menerapkan metode pembelajaran  antara lain secara Daring. 

 

SMA Negeri 1 Ende sebagai  salah satu sekolah di wilayah Provinsi NTT menanggapi Instruksi Gubernur dan  Surat Edaran  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan aplikasi smansaende.online dan Google Classroom sebagai metode Daring Online. 

Untuk bergabung dalam aplikasi Google Classroom dan smansaende.online akan diatur oleh guru mata pelajaran.

 

Intranet  merupakan terminologi dalam dunia informatika yang merujuk pada sebuah kondisi saling terhubung dalam jaringan dalam cakupan terbatas. Secara sederhana, misalnya peserta didik ,melakukan chat di Whatsapp, maka mereka juga  melakukan aktivitas Daring,





 

  • Pembelajaran Luring

 

Luring adalah kependekan  dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata “offline”.

Pembelajaran Luring merupakan bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet. Kebijakan pembelajaran Luring berlaku bagi peserta didik yang sama sekali tidak memilki sarana pembelajaran Daring. 

Di SMA Negeri 1 Ende pembelajaran Luring dilakukan dengan sistem penugasan Sekolah menetapkan jadwal bagi peserta didik yang menggunakan metode Luring,yaitu pada hari Senin dan Rabu setiap minggu mengambil tugas dari guru mata pelajaran.



Pada akhir penyajian  materi ini  izinkanlah kami sekali lagi mengucapkan:

SELAMAT BERGABUNG DI RUMAH BESAR 

TEMPAT BUNGA BERSEMI DAN KUNTUM MEKAR sekaligus menitipkan

KALIMAT NASIHAT berikut ini.

  1.  "Jadilah secerdas yang kau bisa, tapi , bijak itu lebih baik daripada cerdas."
  2. “Cara berpakaian menggambarkan kepribadian kita”
  3. “Tindakan adalah ukuran kecerdasan yang sesungguhnya."
  4.  "Tindakan yang cerdas pasti telah terpikirkan; Yang dibutuhkan hanyalah mencoba memikirkannya lagi."
  5.  "Guru spritiualitas adalah realitas, dan guru realitas saya adalah spiritualitas." 
  6.  "Kesuksesan adalah terus melaju dari kegagalan satu ke kegagalan lain tanpa kehilangan antusiasme."
  7.  “Jika kau pernah memimpikan kesuksesan, cepatlah bangun dari tidur dan bekerja keraslah mendapatkannya.”
  8.  “Tindakan adalah kunci dasar setiap kesuksesan.” 
  9.  “Agar bisa meraih kesuksesan, hasrat kesuksesanmu harus lebih besar dari rasa takut gagalmu.”
  10. “Manfaatkan kesempatanmu baik-baik jika kau ingin meraih kesuksesan, karena kesuksesan itu bergantung pada usaha.” 
  11.  “Kesuksesan itu adalah jatuh 9 kali dan bangun 10 kali.” 
  12.  "Percayalah hidup ini tak pernah menginginkan kau mati sia-sia."
  13.  "Tanpa kepercayaan diri pada apa yang kita miliki, kita tidak akan sukses apalagi bahagia." 
  14.  "Jika  ingin mengetahui siapa dirimu sebenarnya,jangan bertanya! Bertindaklah! Karena tindakanmu itu akan menggambarkan siapakah kamu." 
  15.  "Seorang yang kreatif termotivasi dengan hasrat akan prestasi, bukan hasrat akan mengalahkan orang lain."
  16.  "Jika kau ingin menaklukkan rasa takut, jangan hanya duduk di rumah dan memikirkannya saja. Keluarlah dan sibukkan harimu!" 
  17.  "Belajar adalah permulaan kekayaan; belajar adalah permulaan kesehatan; belajar adalah permulaan spiritualitas. Mencari dan belajar adalah tempat dimana proses keajaiban bermula." 
  18.  "Satu orang dengan satu kepercayaan diri itu sama dengan desakan 99 orang yang hanya memiliki minat.
  19.  "Jangan pernah berpikir bahwa kau TIDAK bisa, berpikirlah bahwa kau BELUM SAATNYA bisa
  20.  "Teknologi hanya sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama." 
  21.  "Hanya satu di antara seribu orang yang bisa sukses tanpa bantuan guru."

  • Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  di SMA Negeri 1 Ende menggunakan 2 aplikasi : Google Classroom dan smansaende.online.

Simaklah materi tentang PJJ dalam bentuk video berikut ini :https://www.youtube.com/watch?v=P9pZ_DALIv8

 3. Materi PJJ : 

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

SEBAGAI SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SMA NEGERI 1 ENDE

 DI MASA PANDEMI COVID-19

 

Keadaan hari ini menerangkan kepada kita bahwa Pandemi Covid-19 menjadi pembicaraan aktual dan kompleks. Secara global, Covid-19 masih mendominasi ruang publik. Covid-19 memaksa masyarakat dunia kembali menjelaskan makna hidup, orientasi pembelajaran dan budaya baru yang harus secara cepat di buat untuk menunjang kegiatan akibat dampak yang sesuai dengan kebutuhan terkini.

Jika selama ini manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi. Namun, persebaran virus Corona (Covid-19) seakan membalikan keadaan pada situasi yang tidak biasanya dan menjadi krisis besar manusia modern, memaksa kita untuk sejenak bernafas, berhenti dari pusaran sistem yang rumit, serta merefleksikan kembali kehidupan, keluarga, dan lingkungan sosial dalam arti yang sebenarnya. Manusia didorong bertahan dari rutinitasnya, untuk memaknai apa yang sebenarnya dicari dari kehidupan.

Negara kita tercinta Indonesia memiliki tantangan besar dalam penanganan Covid-19 yang semakin liar pesebarannya. Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini, salah satunya aspek pendidikan, yang penting dan esensial untuk didiskusikan sebagai bentuk pengendalian massif. Aspek pendidikan menjadi konsentrasi Pemerintah, Lembaga Pendidikan, pemerhati pendidikan, dan orang tua murid yang semuanya bertanggung jawab penuh dalam melahirkan generasi bangsa yang berkualitas, baik fisik, mental maupun inteligensi.

 Covid-19 yang kian mengganas dengan munculnya tambahan varian baru  memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud atau terbaru Kemendikbudristek) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring.

Tantangan Pembelajaran saat new normal

Dikala  meningkat dan semakin  liar persebaran virus Corona di berbagai negara, memaksa kita untuk semakin berani melihat kenyataan bahwa dunia sedang dan sangat berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik, sosial, budaya hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk mawas diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya.  Sampai  1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya  1,5 milyar anak usia sekolah yang terdamapk Covid 19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita.

Semua negara terdampak telah berupaya membuat kebijakan terbaiknya dalam menjaga kelanggengan layanan pendidikan. Indonesia juga menghadapi beberapa tantangan nyata yang harus segera dicarikan solusinya: (1) ketimpangan teknologi antara sekolah di kota besar dan daerah, (2) keterbatasan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran, (3) keterbatasan sumberdaya untuk pemanfaatan teknologi Pendidikan seperti internet dan kuota, (4) relasi guru-murid-orang tua dalam pembelajaran daring yang belum integral.

Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat pendidik dan siswa kaget termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam rumah. Pembelajaran teknologi informasi memang sudah diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung sebagai kejutan dari pandemi Covid-19, terjadi culture shock atau kaget hampir di semua lini kehidupan masyarakat, dari pelosok desa, kabupaten/kota, provinsi, pusat bahkan dunia internasional.

Untuk itu sebagai ujung tombak di level paling bawah suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah dituntut untuk membuat keputusan cepat dalam merespon surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengharuskan sekolah untuk memberlakukan pembelajaran dari rumah. Pendidik merasa kaget karena harus mengubah sistem, silabus dan proses belajar secara cepat. Siswa terbata-bata karena mendapat tumpukan tugas selama belajar dari rumah. Sementara, orang tua murid merasa stress ketika mendampingi proses pembelajaran dengan tugas-tugas, di samping harus memikirkan keberlangsungan hidup dan pekerjaan masing-masing di tengah krisis.

Ramai diberbagai media sosial yang menceritakan pengalaman orangtua siswa selama mendampingi anak-anaknya belajar baik positif maupun negatif. Misalnya ternyata ada orangtua yang sering marah-marah karena mendapatkan anaknya yang sulit diatur sehingga mereka tidak tahan dan menginginkan anak mereka belajar kembali di sekolah.

Kejadian ini memberikan kesadaran kepada orangtua bahwa mendidik anak itu ternyata tidak mudah, diperlukan ilmu dan kesabaran yang sangat besar. Sehingga dengan kejadian ini orangtua harus menyadari dan mengetahui bagaimana cara membimbing anak-anak mereka dalam belajar. Setelah mendapat pengalaman ini diharapkan para orangtua mau belajar bagaimana cara mendidik anak-anak mereka di rumah.

Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Strategi Belajar daring dan manfaat literasi komunitas belajar

Dari permasalahan yang dihadapi itu, kita harus berani melangkah untuk menjadikan pembelajaran daring sebagai kesempatan mentransformasi pendidikan kita. Ada beberapa langkah yang dapat menjadi refleksi bersama dalam perbaikan sistem pendidikan kita khususnya terkait pembelajaran daring:
Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Peningkatan kompetensi pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan. Namun leading sektor urusan kebijakkan pembelajaran daring  harus dikendalikan dibawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kedua, pemakaian teknologipun juga tidak asal-asalan, ada ilmu khusus agar pemanfaatan teknologi dapat menjadi alat mewujudkan tujuan Pendidikan yakni teknologi Pendidikan (TP). Pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Ilmu teknologi pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. 

Ketiga, pola pembelajaran daring harus menjadi bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya sebagai komplemen. Intinya supaya guru membiasakan mengajar online. Pemberlakuan sistem belajar online yang mendadak membuat sebagian besar pendidik kaget. Ke depan, harus ada kebijakan perubahan sistem untuk pemberlakuan pembelajaran online dalam setiap mata pelajaran. Guru harus sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi sesuai kapasitas dan ketersediaan teknologi

Empat,  guru harus punya perlengkapan pembelajaran online. Peralatan TIK minimal yg harus dimiliki guru adalah laptop dan alat pendukung video conference. Keberadaan pernagkat minimal yang harus dimiliki guru sangat perlu dipikirkan Bersama baik pemerintah kab/kota, provinsi dan pusat termasuk ortang tua untuk sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat. Sudah banyak fintech yang bergerak dibidang pemberian bantuan pengadaan perangkat teknologi baik untuk siswa, guru maupun sekolah.

Tindakan Nyata SMA Negeri 1 Ende dalam kegitan pembelajaran       masa pandemi covid-19

Menyikapi fenomena culture shock dan ketidaksiapan peserta didik maupun orang tua menghadapi pembelajaran daring yang berkepanjangan dampak covid-19, secara lembaga SMA Negeri 1 Ende melakukan banyak strategi agar sasaran pembelajaran berjalan maksimal. Untuk itu sejak pandemi melanda dari setahun yang lalu SMA Negeri 1 Ende merespons dengan cepat setiap kebijakan terkini dari Pemerintah Pusat (Kemendikbudristek),  Pemerintah Provinsi NTT maupun Pemkab Ende untuk melaksanakan pembelajaran secara terukur, dalam artian dikondisikan dengan setiap perkembangan kasus korban covid-19. Maka tidak heran di penghujung Tahun Pelajaran 2020/2021 pelaksanaan pembelajaran juga dilaksanakan secara luring dan daring dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan secara ketat. Dimana sterilisasi area sekolah teristimewa ruangan kelas dengan penyemprotan disinfektan, menyiapkan air cuci tangan, Hand soap dan hand sinetizer untuk setiap kelas juga di siapkan disetiap area atau tempat dilalui oleh komunitas sekolah. Bahkan sejak masuk pintu gerbang sekolah seluruh komunitas SMA Negeri 1 Ende melakukan pengukuran suhu dan melakukan cuci tangan wajib (protokol kesehatan ketat).

Setiap perubahan butuh penyesuaian 

Kalimat ini menegaskan semangat lembaga SMA Negeri 1 dalam menjalankan pembelajaran yang dominan dilaksanakan secara daring. pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Selama ini SMA Negeri 1 Ende Menggunakan dua           Link smansa.online dan google classroom sebagai link pembelajaran daring. Guru juga dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan group di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Sedangkan siswa yang tidak memiliki handphone atau laptop melaksanakan pembelajaran luring dengan prokes ketat. Saat  menjalankan Ujian Sekolah kelas XII Tapel 2020/2021 juga PAT kelas X dan kelas XI  Tapel 2020/2021 di lakukan tatap muka secara terbatas tetapi tetap menggunakan daring karena siswa menggunakana handphone sebagai media untuk mengakses soal yang ada di link smansa.online dan google classroom.

Stimulus Kuota sebagai pemacu keberlangsungan pembelajaran daring

SMA Negeri 1 Ende sebagai lembaga pendidikan yang sangat konsern dalam menjaga mutu dan keberlangsungan pembelajaran sekaligus mengimplementasikan program pemerintah tentang kuota belajar, maka seluruh tenaga pendidik dan siswa kategori kurang mampu mendapat subsidi kuota pulsa data dari sekolah. Sehingga dengan program bantuan ini guru maupun siswa merasa terbantu untuk tetap melaksanakan pebelajaran walau ditengah situasi masyarakat yang kurang baik dari sisi ekonomi masyarakat.

 

Kiat-kiat belajar saat pandemi covid-19

Belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. Karena dianggap lebih bebas dan fleksibel, tetapi justru siswa dituntut agar memiliki komitmen dan juga disiplin untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah. Selain itu, tentunya perangkat teknologi seperti gawai atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia. Lalu, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Kelola waktu dengan baik

Atur waktu belajar kamu dengan baik, jangan mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu.

  1. Carilah tempat nyaman

Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus lho. Kamu bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Bila perlu kamu bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar kamu

  1. Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan perangkat yang kamu butuhkan, baik itu laptop, komputer, hand phone. Pastikan juga perangkat kamu terhubung dengan jaringan internet yang baik agar kamu dapat mengakses smansa.online, google classroom pada pembelajaran daring yang kamu butuhkan tanpa kendala.

  1. Komunikasi dengan Guru dan teman sekelas

Meskipun kamu belajar dengan jarak jauh dari Bapak/Ibu Guru, bukan berarti kamu bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan. Tetap jaga komunikasi dengan guru dan teman sekelas. Nomor Gawai Bapak/ibu Guru sudah tertera pada Jadwal PJJ yang telah diberikan, jadi Jika kamu butuhkan penjelasan mengenai materi dan tugas dapat langsung menghubungi Bapak/Ibu Guru. Begitu juga, komunikasi dengan teman sekelas itu penting sekali agar kamu bisa berdiskusi mengenai materi atau tugas yang diberikan Bapak/Ibu Guru

  1. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Di saat pandemi COVID-19 ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang penting. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan tetap jaga kesehatan dengan cara memberikan asupan makan bergizi bagi tubuhmu agar tidak cepat terserang penyakit. 

So Stay Clean and Stay Healthy Guys!

   Materi untuk MPLS SMA Negeri 1 Ende

Penyusun:   Edel Dedi, Emi Niron dan Yus Ado

 

Baca Juga

36 Komentar

Ardianus saputra wangge

13 Juli 2021

Ardianus saputra wangge

13 Juli 2021

Emanuel jonathan

13 Juli 2021

Saya menyetujuinya

Ardianus saputra wangge

13 Juli 2021

Daniela Aprilia Lakawolo

13 Juli 2021

Andriano Mage Kuju

13 Juli 2021

Daniela Aprilia Lakawolo

13 Juli 2021

Andriano Mage Kuju

13 Juli 2021

Terima kasi

Yohanes Christian Do'o

13 Juli 2021

Saya Setuju

Guido DjaenovG. Gao

13 Juli 2021

Sebastianus Etgard wasa

13 Juli 2021

Saya setuju

Feliani Nof. Dimu Lede

13 Juli 2021

Hadir

MIKAEL LEONARD PEWA

13 Juli 2021

Saya setuju

Aditia idrus

13 Juli 2021

Saya setuju

Maria novensia epi lengo

13 Juli 2021

Senang

Christian R. Kaise

13 Juli 2021

Terima kasih dan saya setuju

Hesti tania kolo wadu

13 Juli 2021

Terimakasih 🙏🏻

Mohamad fauzan dean

13 Juli 2021

Hadir

Eugenius Ronda

13 Juli 2021

Wilhelmina putri sedha

13 Juli 2021

Trimksih Banyk

AGUSTINUSCLAUDIO REWU NGGA'A

13 Juli 2021

TERIMA KASIH BANYAK

Eustakia santia resi

13 Juli 2021

Makasih. 🙏

Skolastika febriani waer

13 Juli 2021

Trimakasih atas informasinya

Hilarius Sohnersten Musa Waka

13 Juli 2021

Terima kasih saya setuju

BLASIUS TURENOL NGGARO

13 Juli 2021

Terimah kasih

Rosalia Leonarda palomitha

13 Juli 2021

Terima kasih banyak

Claudia ranita mera nai

13 Juli 2021

Terimakasih

YOSEPH JORDI BILLO

13 Juli 2021

Terimah kasih

Jeremias w tosa

13 Juli 2021

Terima kasih

Ricardus Dicky Gisi

13 Juli 2021

TerimaKasiBanyak

Cosmas Diki

13 Juli 2021

Terimakasi

Karmelita jeynet dadi soi

13 Juli 2021

Terimakasih🙏

Gildo de urto wagho woge

13 Juli 2021

Terimakasih

Isabela Mutiara Mbanga

13 Juli 2021

Terima kasih

Naysila Febri Mudamkin

13 Juli 2021

Hadir

Guido Djaenov G. Gao

31 Juli 2021

Terima kasih ibu

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar